Senin, 14 November 2016

cara melestarikan minyak bumi

1. Pengertian Minyak Bumi

Dalam bahasa inggris, miyak bumi adalah Petroleum dari bahasa latin Petrus(karang) dan Oleum(Minyak). Minyak Bumi adalah cairan kental berwarna hitam yang bersifat mudah terbakar. Minyak bumi terletak pada lapisan atas pada kerak bumi. Minyak bumi dijuluki sebagai emas hitam. Minyak Bumi adalah senyawa kimia yng mengandung hidro dan karbon. Minyak bumi yang belum diolah disebut minyak mentah dan belum dapat digunakan. Hasil- hasil pengolahan minyak bumi ialah bensin, aspal, aftur, plastik, gas LPG, bahan pembuat ban, oli dan solar.

2. Sejarah Minyak Bumi

Minyak bumi telah digunakan manusia sejak zaman kuno, dan sampai saat ini, minyak bumi masih menjadi komoditas penting. Ini didorong karena semakin majunya teknologi masa kini yang membutuhkan sumber daya alam tersebut, contohnya saja dengan adanya pesawat terbang. Pesawat tidak bisa digunakan tanpa adanya bahan bakar(avtur), begitu juga kendaraan darat seperti mobil dan motor, demikian juga tidak dapat digunakan tanpa adanya bahan bakar bensin dan oli. Selain itu minyak bumi juga digunakan untuk memasak sepertti yang berada di rumah kita yang disebut gas LPG, itu juga merupakan hasil pengolahan dari minyak bumi. Selain itu dimasa kini juga banyak kebutuhan plastik yang dibutuhkan untuk diolah berbagai macam barang.
Lebih dari 4000 tahun lalu menurut Heredotus dan Diodorus Siculus, aspal sudah digunakan sebagai kontruksi dari tembok dan menara Babylon. Jumlah minyak terbanyak ditemukan di tepi sungai Issus. Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yang digali di China.
Pada tahun 1850-an Ignacy Lukasiewicz menemukan bagaimana proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi, sehingga memberikan alternatif yang lebih murah daripada harus menggunakan minyak paus. Maka, dengan segera, pemakaian minyak bumi untuk keperluan penerangan melonjak drastis di Amerika Utara. Sumur minyak komersial pertama di dunia yang digali terletak di Polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang sangat cepat di banyak belahan dunia lainnya, terutama saat Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaaa Branobel yang berpusat di Aljazair menguasai produksi minyak dunia pada akhir abad ke-19.

3. Hasil Pengolahan dan Manfaat Minyak Bumi

Hasil pengolahan minyak bumi adalah sebagai berikut

1. Aspal

Mungkin semua kendaraan darat membutuhkan aspal, yang mana adalah bahan pembuat jalan. Tanpa adanya aspal mungkin jalan raya yang kita lalui itu hanya berbentuk tanah tok. Sehingga dengan adanya aspal juga jalan yang kita lalui itu rata dan nyaman untuk digunakan.

2. Bensin

Bensin merupakan hal terpenting pada sebuah kendaraan, tanpa adanya bensin, kendaraan tidak dapat digunakan.

3. Avtur

Penggunaan minyak bumi yang satu ini juga hampir sama dengan bensin, hanya saja avtur digunakan pada pesawat

4. Gas LPG

Gas ini biasanya digunakan untuk keperluan memasak pada kompor gas

5. Kerosin, Solar, Nifta, Lilin, Oli

Minyak bumi juga dapat diolah menjadi oli yang merupakan bahan pelumas pada kendaraan, solar dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, lilin dapat digunakan bahan penerangan selain lampu.

4. Pelestarian Minyak Bumi

Minyak Bumi merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan kita. Semakin lama penggunaan minyak bumi ini semakin meningkat karna majunya teknologi. Karena minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, jadi kita perlu melestarikannya agar tidak habis. Sampai sekarang sudah banyak usaha – usaha yang dilakukan untuk menjaga agar dapat mengurangi penggunaan minyak bumi, diantaranya pembuatan mobil listrik, mobil tenaga surya, dll.
Banyak menggunakan minyak bumi juga dapat menimbulkan efek samping, diantaranya polusi udara dari knalpot – knalpot kendaraan dan juga dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon. Hal ini dapat menyebabkan bumi menjadi panas dan juga menimbulkan efek rumah kaca.

Cara/ Upaya pelestaerian Minyak Bumi : 

Tidak melakukan pemborosan pada penggunaannya dan mencari sumber alternatif lainnyaMenghemat pemakaiannya (seperlunya aja)Menciptakan Bahan bakar alami/alternatie lainnya sehingga minyak bumi tidak cepat habisMemakai !as Bio karna selain dapat menghemat minyak bumi juga dapat melestarikan lingkungan Tidak melakukan usaha pengeboran minyak bumi dilaut bebas Melarang melakukan pengeboran secara berlebihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar