Senin, 14 November 2016

Mencintai lingkungan rumah

Sebuah kata perenungan yang mempunyai arti sangat mendalam tentang pentingnya lingkungan bagi manusia. Numun kesadaran tentang hal tersebut sepertinya mulai menipis, Sebagai contoh sekarang lagi musim bencana, banjir, tanah longsor yang faktor penyebab utamanya adalah kurang bijaksananya manusia mengelola lingkungan. Eksploitasi yang besar besaran tanpa memikirkan dampak dan pelestarian lingkungan penyebab utama dari bencana alam yang ada. Pendapatan atau uang adalah faktor pertimbangan yang selalu diutamakan.Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan bisa kita mulai dari lingkungan terkecil kita, misalkan dirumah, memelihara tanaman, disiplin membuang sampah, bijaksana dalam penggunaan sumber-sumber energi. 
  • Pemakaian listirk dirumah bisa dilakukan dengan mematikan peralatan listrik yang tidak perlu. hal ini dapat menghemat bahan bakar yang digunakan oleh pembangkit tenaga listrik disamping menghemat biaya.
  • Pemakian air yang efisien. sebagai contoh kecil,  coba kita bayangkan apabila kita tidak menutup kran air dengan sempurna (air masih menetes), nah berapa ton galon air yang akan terbuang percuma apabila penduduk satu kota melakukan tindakan tersebut.
  • Bila disetiap rumah ada tanaman yang hidup sehat, maka akan berpengaruh juga pada kesegaran udara yang kita hirup. Tanaman Sansivera mempunyai kemampuan untuk mencegah polusi. Adanya tanaman dirumah kita akan berguna juga dalah hal keindahan. Sedap mata memandang, tidak gersang
Hal tersebut adalah contoh tindakan kecil untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya lingkungan bagi manusia. Manusia tidak mungkin bisa hidup tanpa lingkungan, namun kadangkala lingkungan bisa hidup tanpa tersentuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar